Minggu, 15 Mei 2016

Cara Terbaik Budidaya Jamur Tiram yang Harus Anda Tahu

Cara Terbaik Budidaya Jamur Tiram yang Harus Anda Tahu - Jamur tiram ini tergolong salah satu jenis tanaman yang tidak dapat berfotosintesis dan dapat hidup pada habitat kayu. Jamur ini sangat laris karena tidak beracun dan bisa diolah menjadi aneka ragam macam olahan. Karena itu jamur tiram menjadi salah satu tanaman yang laris manis dan punya potensi besar.

Cara Terbaik Budidaya Jamur Tiram yang Harus Anda Tahu

Mungkin Anda ingin memanfaatkan potensi baik dari jamur tiram untuk budidaya dan belajar bercocok tanam jamur tiram? Kalau begitu, disini kami akan berikan informasinya tentang bagaimana cara terbaik untuk budidaya jamur tiram. Yuk langsung saja simak informasinya berikut ini!

Cara Bercocok Tanam Jamur Tiram

Untuk budidaya atau bercocok tanam jamur tiram, ada beberapa aspek yang harus Anda tahu sehubungan juga dengan cara bercocok tanam jamur tiram diantaranya :

Proses Pengomposan Media Tanam

Proses pengomposan media tanam ini bertujuan untuk melapukkan media tanam. Pertama – tama Anda rendam serbuk gergaji kering pada wadah kurang lebih selama semalam. Kemudian Anda angkat dari rendaman sembari Anda kepal – kepal agar tidak kempyar. Kemudian Anda tambahkan kalsium karbonat atau kapur aduk dan diamkan selama 5 hari. Setelah 5 hari kemudian campur dengan pupuk TsP dan diamkan lagi 5 hari. Terakhir campur dengan gips dan selesai. Aduk merata.

Pembungkusan Media Tanam

Pembungkusan media tanam ini dilakukan dengan memasukkan media tanam yang sudah melalui proses pengomposan ke dalam plastik. Caranya sangat mudah, Anda masukkan media tanam ke dalam plastik dengan cara dipukul sampai padat. Jangan lupa sisakan kedua ujung untuk dilipat agar pastik bisa berdiri seperti pot. Dengan perbandingan ¾ media dan ¼ bagian di tekuk ke dalam. Sumbat ujung plastik dengan kapas agar tidak kemasukan air.

Penanaman Bibit

Proses ini disebut juga sebagai proses inokulasi. Anda masukkan bibit 1 sampai 2 sendok ke dalam media yang telah disterilkan. Kurang lebih selama 1 sampai 2 bulan menunggu siap untuk dilakukan pemindahan ke media penyimpanan. Dengan sirkulasi udara 1 sampai 2 jam.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda mengenai Cara Bercocok Tanam Jamur Tiram. Semoga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar